Selasa, 15 Januari 2013

Tips Membuat Nasi Lontong Menggunakan Plastik





Bagi pecinta lontong kalau ada waktu luang dan kita lagi kepengen makan lontong alangkah baiknya bikin sendiri aja karna tidak terlalu sulit untuk membuat lontong itu, kalau kita beli langsung jadi takut "ada di campur bahan yang berbahaya didalamnya terutama didalam nasi lontongnya itu" bukan berarti yang dijual itu semuanya mengandung bahan yang bukan bahan untuk pangan atau bahan berbahaya seperti yang di beritakan akhir-akhir ini, dan dibawah ini adalah tips/cara membuat nasi lontongnya..


Bahan Membuat Lontong Kulit Plastik
  • Beras
  • Plastik kemasan standar ½ kg
  • Air
Cara Membuat Lontong Menggunakan Plastik
  1. Cuci beras dengan air lalu rendam kurang lebih 3 jam. Tiriskan beras, hingga betul betul tidak ada air lagi.
  2. Masukkan beras ke dalam kantong plastik 1/3 volume plastik. Tutup ujung atasnya, bisa diikat atau dilipat lalu distaples.
  3. Lubangi masing-masing plastik beras dengan tusuk gigi kira-kira 10 lubang secara merata.
  4. Panaskan air dalam panci terlebih dahulu (tidak perlu sampai mendidih) lalu masukkan plastik beras ke dalam panci. Plastik beras harus terendam sepenuhnya. Jika kurang air, tambah.
  5. Rebus plastic beras di atas kompor dengan api sedang kurang lebih 2 jam. Sesekali lihat ketinggian air dalam panci untuk memastikan plastik beras selalu terendam. Jika ketinggian air kurang segera ditambah air.
  6. Masak hingga beras yang ada dalam plastik terlihat matang dan padat
  7. Jika lontong sudah matang, angkat dan tiriskan.
  8. Dinginkan lontong dengan cara dibiarkan terkena angin dalam wadah terbuka.
  9. Jika sudah dingin, lontong dapat segera dipotong-potong dan dihidangkan dalam berbagai hidangan.
Tips Membuat Lontong Menggunakan Plastik
  • Jika menginginkan lontong sedikit berasa, beri garam halus sedikit saja pada beras setelah beras direndam (saat masih basah) lalu aduk rata dengan tangan. Lalu tiriskan.
  • Lebih bagus jika air rebusan diberi sedikit kapur sirih untuk membantu proses pemadatan lontong.
  • Gunakan plastik kemasan standar (yang biasa dipakai toko untuk mengemas gula, terigu, dsb) ukuran ½ kg, atau ¼ kg, atau lebih kecil lagi. Plastik yang terlalu besar akan menyulitkan meletakkannya di dalam panci (ingat, plastik beras harus terendam seluruhnya). Jangan menggunakan plastik yang terlalu tebal.

0 komentar:

Posting Komentar